Perawatan Kulit Wajib yang Harus Dilakukan Pria

Siapa bilang pria tidak perlu merawat kulit? Ini perawatan kulit pria yang wajib kamu lakukan agar kulitmu selalu sehat setiap saat.

Perawatan kulit pada pria dan wanita memang tidak jauh berbeda. Namun, ada perbedaan yang paling terlihat yakni pria memiliki bulu atau rambut yang lebih lebat di area wajah. Produksi minyak pada wajah pria lebih besar dibandingkan dengan wanita.

Sehingga, perawatan kulit pria harus dilakukan untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat. Nah, ini perawatan kulit pria yang wajib kamu lakukan!

1. Mencukur Kumis dan Jenggot Menggunakan Air Hangat

Bintik merah yang muncul setelah kamu cukur jenggot dan kumis adalah tanda kulitmu iritasi pada folikel rambut. Membasuh wajah dengan air hangat dapat membantu mengurangi kemerahan di wajah ini.

Selain itu, membersihkan wajah dengan air hangat sebelum cukur bisa membuat kulit lembap, sehingga memudahkan untuk bercukur. Kamu juga bisa menggunakan krim cukur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Cukur Rambut di Wajah Sesuai Arah Tumbuh

Sekarang sudah banyak produk yang menawarkan pisau cukur dengan jumlah mata pisau yang lebih banyak. Jenis pisau atau silet yang digunakan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Pastikan kamu selalu mencukur rambut sesuai arah rambut wajah bukan ke arah sebaliknya karena hal ini sangat berpengaruh.

3. Tidak Perlu Menggunakan Aftershave

Aftershave adalah produk perawatan kulit pria berbentuk cair yang dipakai setelah mencukur jenggot dan kumis. Produk ini mengandung alkohol dan bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi pada area kulit yang dicukur.

Namun, penggunaan alkohol ini hanya diperlukan jika kamu mencukur dengan pisau cukur lipat. Alat ini sudah sangat jarang digunakan jadi kamu tidak perlu menggunakannya. Kalau kamu ingin menggunakan produk aftershave, pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol.

4. Rutin Membersihkan Wajah

Pria memiliki banyak aktivitas di luar ruangan yang membuat wajah lebih berisiko untuk kotor. Nah, perawatan kulit wajah pria yang paling penting adalah membersihkan wajah menggunakan facial wash, Membersihkan wajah dari kotoran menjadi salah satu cara merawat wajah pria agar tidak kusam dan mencegah munculnya jerawat.

Kamu bisa menggunakan Cica BHA – Amino Acid Foaming Wash dari Omniskin minimal 2 kali sehari. Usapkan ke wajah dengan gerakan melingkar dengan air suhu ruangan saja.

5. Hindari Menggosok Kulit Wajah

Setelah mencuci muka, kamu bisa mengeringkannya dengan handuk. Namun, kamu jangan menggosok wajahmu dengan handuk karena bisa memicu iritasi kulit. Kamu bisa melakukan gerakan menepuk wajah dengan handuk sampai kering.

6. Gunakan Toner Wajah

Tidak cuma wanita saja yang membutuhkan toner untuk wajah, pria juga memerlukan toner. Toner ini digunakan setelah mencuci muka untuk mengangkat sisa kotoran di wajah. Kalau kamu memiliki kulit berjerawat dan berminyak, kamu bisa menggunakan CICA Clean Pore – Oily Skin Toner.

Dengan tekstur tipe air yang ringan dikulit, toner ini bersifat non comedogenic. Memiliki daya serap yang kuat mampu mengangkat sebum, komedo bahkan blackhead hingga benar-benar bersih.

7. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Perawatan kulit lain yang perlu dilakukan pria adalah eksfoliasi. Kamu tidak harus selalu pergi ke klinik kecantikan, kamu bisa melakukan eksfoliasi di rumah dengan produk skincare.

Kamu bisa menggunakan 𝗖𝗶𝗰𝗮 𝗕𝗮𝗸𝘂𝗰𝗵𝗶𝗼𝗹 𝟲-𝗶𝗻-𝟭 𝗕𝗹𝗲𝗺𝗶𝘀𝗵 𝗦𝗲𝗿𝘂𝗺, exfoliating yang lembur dan ringan di wajah sekaligus membantu mencerahkan, mengatasi masalah acne dan mengurangi penyumbatan pori-pori.

Selain itu, dengan rutin melakukan eksfoliasi, kulit bisa menyerap produk skincare lebih baik sehingga kamu bisa mendapat hasil lebih maksimal.

8. Menggunakan Pelembap Wajah

Selalu gunakan pelembap wajah secara rutin. CICA-NIACIN Brightening UV krem pagi dengan tabir surya dan niacinamide untuk membantu mencerahkan dan memberikan perlindungan pada kulit di pagi hari, untuk kulit normal  kombinasi, cenderung berminyak atau kulit berjerawat.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk merawat kulit wajah pria. Jangan sepelekan masalah kulit wajah meskipun kamu pria ya! Semua kulit wajah harus dirawat agar tetap sehat sepanjang hari.

Yuk, cari tahu lebih dalam solusi permasalahan kulit dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp