5 Tips yang Bisa Dilakukan Agar Skincare Routine Lebih Ramah Lingkungan

Skincare merupakan salah satu kebutuhan setiap orang dalam merawat dan menjaga kulit dari berbagai permasalahan kulit wajah. Dalam memilih skincare tentunya tidak bisa sembarangan. Beberapa orang bahkan memerlukan beberapa kali trial and error sebelum akhirnya mendapatkan product yang tepat.

Ketika dalam perjalanan menemukan skincare, beberapa produk akhirnya tak terpakai sehingga berujung menjadi sampah di sudut meja rias dan berakhir di tempat sampah. Ada banyak cara agar produk skincare tidak berakhir menjadi sampah seperti daur ulang sampah. Beberapa tips dibawah ini dapat kamu lakukan untuk menghindari kemasan bekas skincare-mu berakhir menjadi sampah.

  1. Kurangi Belanja Produk

Semakin banyak produk yang dibeli dan digunakan, artinya akan semakin banyak pula sampah yang dihasilkan ketika produknya habis.

Meskipun saat ini produk kecantikan yang dipromosikan di pasaran begitu beragam dan menarik, kita punya kemampuan untuk mengontrol diri sendiri dalam hal berbelanja produk kecantikan.

Usahakan untuk tidak mudah tergiur membeli produk baru dan baru membeli sebuah produk apabila yang sudah lama akan habis. Selain ramah lingkungan, langkah ini juga membuat kita lebih hemat!

  • Pilih Produk Skincare yang Sesuai Jenis Kulit

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih skincare ialah mengetahui jenis kulit yang kamu punya. Dengan mengetahui jenis kulit, kamu dapat menentukan ingredients apa yang cocok untuk keperluan kulit wajah. Tentunya kandungan yang diperlukan untuk tipe kulit kering, berminyak, berjerawat dan kombinasi akan berbeda. Jadi, jangan asal membeli tanpa riset terlebih dahulu ya

  1. Pilih Produk dengan Kegunaan Ganda

Saat ini sudah mulai banyak tersedia produk kecantikkan dengan fungsi ganda yang dapat mempersingkat dan mempersedikit produk yang perlu kita gunakan.

Contohnya adalah pelembab yang sudah sekaligus mengandung SPF, masker sekaligus scrub, atau lip balm berwarna yang bisa menggantikan lipstik.

Dengan menggunakan produk yang memiliki fungsi ganda, jumlah produk kecantikan yang perlu kita gunakan pun juga akan semakin sedikit.

  1. Kurangi Pemakaian Kapas

Kapas merupakan salah satu produk kecantikan yang tanpa sadar bisa kita gunakan hingga berlembar-lembar dalam satu hari. Padahal, kapas merupakan produk sekali pakai yang tidak berkelanjutan.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggantikan kapas dengan washable cotton pads yang bisa dicuci dan digunakan berkali-kali.

Selain itu, untuk penggunaan produk cair seperti toner kamu juga bisa menggunakan telapak tanganmu saja sehingga tidak membutuhkan kapas.

  1. Kirim Packaging Bekas Skincare ke Pengolahan Limbah Sampah

Sampah-sampah dari kemasan produk skincare merupakan sampah anorganik yang tidak dapat terurai secara alami oleh alam sehingga harus didaur ulang.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan dan memisahkan sampah kemasan produk kecantikanmu dari sampah dapur dan jenis sampah lainnya.

Kemudian kamu bisa menyerahkan sampah produk kecantikanmu ke lembaga yang menyediakan jasa pengelolaan sampah sehingga kamu yakin sampah skincare-mu akan ditangani dengan sesuai.

Yuk, cari tahu lebih dalam solusi permasalahan kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp