4 Cara Mencegah Jerawat Muncul Kembali

Berbagai cara mencegah jerawat kerap dilakukan untuk memiliki kulit bersih dan sehat. Tak perlu perawatan kulit mahal, beragam langkah sederhana pun dapat Anda lakukan agar terhindar dari jerawat, mulai dari membersihkan wajah secara rutin hingga mengonsumsi makanan sehat.

Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi lebih sering terjadi di area wajah. Hal ini dikarenakan kulit wajah memiliki banyak kelenjar minyak yang bisa membuat pori-pori tersumbat saat produksi sebum berlebihan.

Penyumbatan pori-pori yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri inilah yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Oleh karena itu, pencegahan jerawat harus dimulai dengan merawat kebersihan kulit dengan tepat.

Cara Mencegah Jerawat dengan Perawatan Kulit yang Tepat

Meski terkesan sederhana, perawatan kulit wajah dari luar yang dilakukan secara rutin dan tepat bisa membuat jerawat tidak mudah muncul kembali.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah jerawat yang dapat Anda lakukan:

1. Bersihkan wajah secara rutin

Langkah awal sekaligus yang terpenting untuk mencegah jerawat muncul kembali adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Bila wajah jarang dibersihkan, kotoran, debu, sel kulit mati, dan minyak atau sebum bisa menumpuk di kulit wajah, sehingga menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Oleh karena itu, Anda disarankan membersihkan wajah 2 kali sehari menggunakan Cica BHA Amino Acid Foaming Wash untuk masalah kulit berminyak, sensitive dan berjerawat. Memberikan perlindungan anti-jerawat dalam hitungan jam (estimasi 6 jam). Mencegah pH kulit terlalu asam agar bakteri jerawat P.Acnes tidak dapat tumbuh. Mengurangi produksi sebum berlebihan. Efektif mengangkat sel kulit mati.

Selanjutnya gunakan CICA Clean Pore – Oily Skin Toner dengan kandungan Centella Asiatica, Volcanic Ash dan Niacinamide yang memiliki daya serap yang kuat mampu mengangkat sebum, komedo bahkan blackhead hingga benar-benar bersih.

2. Gunakan pelembap & tabir surya

Kondisi kulit wajah yang terlalu kering dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat lebih mudah muncul. Oleh karena itu, setelah membersihkan wajah, gunakan CICA-NIACIN Brightening UV Cream krem pagi yang mengandung BROAD SPECTRUM SUNSCREEN setara SPF30 untuk melindung kulit dari kerusakan & pembentukan noda kulit akibat paparan sinar matahari.

Saat malam hari gunakan CICA Res-Q Cream dengan kandungan Bodyfensine, Seboclear DB, Asiaticaside, Madecassic Acid, dan Asiatic Acid memberikan soothing effect & anti-inflamasi yang dapat memperbaiki area kulit yang mengalami gangguan serta menjaga ECM (Extra Cellulare Matrix) pada lapisan dermis agar tetap baik dan kuat.

CICA Res-Q cream yang tidak lengket di wajah, memberikan rasa cooling down untuk kulit sensitif, berminyak, berjerawat, beruntus, ataupun kulit reaktif yang mudah memerah & iritasi

3. Batasi penggunaan make up

Sebagian orang mungkin akan mencoba menutupi jerawat dengan menggunakan make up secara berlebihan. Padahal, hal ini justru dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan memicu terjadinya breakout pada wajah.

Oleh karena itu, untuk mencegah jerawat muncul kembali, batasi pemakaian make up. Jika ingin merias wajah, gunakan produk yang tidak mengandung parfum dan bebas minyak.

4. Jangan menyentuh wajah

Pastikan Anda mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Jika wajah sering disentuh dengan tangan yang kotor, bakteri dari tangan bisa berpindah ke wajah dan memicu penyumbatan pori-pori serta munculnya jerawat.

Mencegah Munculnya Jerawat dengan Gaya Hidup Sehat

Selain menjaga kebersihan dan merawat kulit dari luar, Anda juga harus merawat kesehatan kulit dari dalam. Cara mencegah jerawat dari dalam ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

Batasi konsumsi makanan tinggi gula dan kalori

Batasi konsumsi gorengan, makanan siap saji, produk susu, dan minuman manis. Jenis makanan dan minuman tersebut dapat memicu munculnya jerawat. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian, karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit.

Lakukan olahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan suplai oksigen ke kulit, serta mengontrol keseimbangan hormon tubuh. Hal ini dapat mencegah dan mengurangi munculnya jerawat pada wajah.

Perbanyak konsumsi air putih

Kulit yang mengalami dehidrasi dapat memicu produksi minyak berlebih penyebab munculnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cara mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

Hindari stres

Saat stres, kondisi jerawat pada wajah dapat memburuk karena tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol atau hormon stres yang dapat memicu produksi minyak berlebih.

Untuk meredakan stres, Anda bisa mencoba beberapa cara seperti berolahraga secara rutin, melakukan relaksasi atau kegiatan yang disukai, mendengarkan musik favorit, atau meditasi.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, berbagai cara mencegah jerawat di atas  perlu dilakukan secara konsisten. Namun, bila cara-cara tersebut dirasa tidak efektif atau jerawat yang dialami semakin memburuk!!

Rangkaian produk Omniskin Acne series yang di formulasikan untuk membantu masalah kulit berminyak dan berjerawat seperti :

Cica BHA Amino Acid Foaming Wash

CICA Clean Pore – Oily Skin Toner

CICA-NIACIN Brightening UV Cream

CICA Res-Q Cream

Produk unggulan ini juga dapat sebagai P3K ( Pertolongan Pertama pada Kebruntusan) pada kulit wajah yang mengalami masalah akibat terlalu sering ganti-ganti produk skincare, dan kulit sangat sensitive juga sering iritasi ringan.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp