Perlukah Pakai Sunscreen Jika Berada di Dalam Ruangan Seharian?

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit alias skincare yang wajib kamu pakai sebelum ke luar rumah. Dengan begitu, risiko terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau ultraviolet (UV) bisa dihindari. Nah, bagaimana kalau kamu hanya akan berada di dalam ruangan saja seharian ini? Perlukah penggunaan sunscreen saat di dalam ruangan?

Mengapa Harus Tetap Pakai Sunscreen?

Ternyata, meski di dalam ruangan, sinar matahari tetap dapat masuk ke kantormu, lho!

Sinar bisa masuk melalui celah-celah jendela. Jadi, apabila kamu masih bisa melihat tanpa bantuan lampu, sinar matahari tetap ada. Bahkan, cahaya tetap bisa masuk meski cuaca sedang mendung.

Lantas, apa bahaya dari sinar matahari ini?

Ada dua jenis radiasi sinar matahari yang masuk ke bumi, yakni UVA dan UVB.

UVA merupakan radiasi yang memiliki gelombang lebih panjang. Ia biasanya dihubungkan dengan penuaan dini.

Sementara itu, UVB memiliki gelombang yang lebih pendek. Biasanya, UVB dihubungkan dengan kulit yang terbakar. Radiasi-radiasi ini bisa mengubah susunan DNA dari sel kulitmu, dan lama kelamaan memicu kanker, lho.

Jadi, jangan lupa memakai Sunscreenmeski berada di dalam ruangan kantormu, ya! Ini merupakan langkah merawat diri sendiri yang tidak boleh kamu lupakan.

Bagaimana cara pakai sunscreen yang tepat di rumah?

ketika Anda hendak pergi ke luar rumah, Sunscreen harus digunakan sekitar 15-30 menit sebelumnya. Sementara jika hanya akan berada di rumah, kantor, atau dalam ruangan saja seharian, sunscreen bisa Anda bisa pakai kapan pun.

Untuk SPF atau sun protection factor yang terkandung di dalam Sunscreen itu sendiri, bisa Anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan. Semakin tinggi angka SPF pada sunscreen, semakin lama pula jangka waktu produk tersebut dalam menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Bagi Anda yang berencana untuk beraktivitas di luar ruangan, biasanya membutuhkan sunscreen dengan kandungan SPF tinggi. Namun jika hanya akan di rumah atau ruangan tertutup seharian ini, Anda bisa pilih dan pakai suncreen dengan kandungan SPF rendah.

Penting untuk memastikan kulit dalam keadaan kering sebelum Anda memakai sunscreen ke seluruh permukaan wajah. Usahakan juga Sunscreen yang Anda gunakan dapat menjangkau seluruh bagian wajah.

Atas dasar itulah, Anda dianjurkan untuk pakai sunscreen secukupnya atau agak banyak, tapi tidak terlalu sedikit saat di rumah atau di luar rumah. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar kerja suncreen lebih optimal dalam menjaga kesehatan kulit.

Jangan lupa ulangi pemakaian sunscreen!

Daya kerja Sunscreen dalam menjaga kulit dari pancaran sinar matahari tidak selalu optimal. Itulah mengapa Anda dianjurkan untuk rajin reapply suncreen setidaknya setiap 2 jam sekali.

Begitu pula bagi Anda yang hanya berada di rumah atau ruangan tertutup, tetap disarankan untuk pakai suncreen kembali. Ingat, melindungi kulit dari paparan sinar UV merupakan salah satu cara utama guna mencegah penuaan dini dan kanker kulit.

Jika saat ini Anda masih sering merasa malas untuk pakai Sunscreen di rumah atau di luar rumah, belum terlambat untuk memulainya lebih rutin dari sekarang. Sebab setidaknya dapat menekan risiko terjadinya kanker kulit maupun permasalahan kulit lainnya di masa depan.

Yuk, cari tahu lebih dalam solusi permasalahan kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp