Iritasi kulit karena Makeup, Ini Penyebabnya Ladies

Ladies, ketahui penyebab iritasi kulit karena makeup yang bisa membahayakan kesehatan kulit.

Makeup yang Ladies gunakan dalam berbagai acara digunakan untuk mempercantik dan membuat tampilan menjadi menarik. Tetapi, ada risiko terjadinya iritasi kulit karena makeup.

Pada dasarnya makeup tidak boleh mengandung bahan obat aktif apa pun yang bisa memengaruhi struktur atau fungsi kulit. Artinya, makeup yang digunakan harus memenuhi persyaratan yang ada.

Lantas, bagaimana apabila Ladies mengalami iritasi kulit setelah menggunakan produk makeup tertentu, seperti bedak, lipstik atau bahkan maskara?

Reaksi kulit pada makeup memang bisa berbeda-beda. Nah, sebaiknya simak penjelasan berikut ini. Terpenting adalah, segera hentikan pemakaian makeup yang membuat kulit menjadi iritasi.

Gejala Iritasi Karena Makeup

Pada dasarnya, iritasi kulit karena makeup masuk ke dalam kategori dermatitis kontak. Pada jangka pendek, kondisinya disebut dermatitis kontak iritan, tapi bisa juga berkembang menjadi dermatitis kontak alergi.

Reaksi iritan dapat terjadi setelah paparan tunggal atau setelah paparan berulang dari waktu ke waktu, sedangkan dibutuhkan paparan bahan kimia yang sama untuk berkembang menjadi alergi.

Gejala yang dapat terlihat, seperti bercak gatal dan terasa menyengat, muncul ruam merah, serta muncul lepuh.

Reaksinya juga macam-macam, bisa muncul dalam beberapa menit atau beberapa jam setelah terpapar. Tentunya apabila semakin kuat iritasi kulit, maka semakin cepat reaksi yang muncul.

 

Penyebab Iritasi Kulit Karena Makeup

Ladies, ketahui beberapa penyebab iritasi kulit karena makeup yang bisa terjadi, yaitu

1. Perhatikan Kandungan Makeup

Pernah merasakan gatal pada mata setelah seharian memakai eyeshadow? Atau muncul ruam merah setelah memakai produk foundation tertentu?

Nah, coba perhatikan kandungan yang terdapat dalam produk-produk makeup tertentu. Jika muncul reaksi iritasi kulit secara langsung, maka bisa jadi kandungan di dalamnya memang menjadi pemicu alergi.

Jika makeup mengandung bahan logam seperti nikel dan kobalt atau bahan pengawet seperti paraben dan methylisothiazolinone, maka juga termasuk ke dalam daftar alergen.

Bila produknya juga mengandung bahan wewangian tertentu, dapat memicu iritasi  kulit. Hal ini semakin berisiko apabila Ladies memiliki kulit sensitif.

2. Makeup yang Kedaluwarsa

Makeup yang sudah kedaluwarsa atau expired sebaiknya tidak digunakan lagi, ya, Ladies! Ini bisa menjadi penyebab iritasi karena makeup. Seiring bertambahnya usia, bahan-bahan di dalam produk makeup juga mulai rusak.

Terutama untuk beberapa produk yang berbentuk krim, gel atau bubuk, maka bisa berisiko alami kontaminasi setelah dibuka. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya iritasi kulit jika tetap dipakai.

Usia produk makeup sangat berpengaruh. Hal lain yang juga mulai terjadi seperti bahan pengawet yang mulai rusak, sehingga bisa memunculkan banyak bakteri.

3. Sistem Kekebalan Tubuh Jadi Sensitif

Pernahkah Ladies mengalami iritasi kulit karena lipstik tertentu, padahal beberapa bulan sebelumnya tidak mengalami masalah apa pun?

Nah, hal semacam ini juga bisa terjadi karena sensitivitas kita pada produk tersebut mungkin berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Dampaknya, muncul iritasi kulit karena makeup.

Semakin sering menggunakan makeup, maka sistem kekebalan tubuh akan semakin peka terhadap kandungan di dalamnya. Ada waktunya, tubuh menjadi peka terhadap produk tertentu, yang akhirnya menimbulkan iritasi kulit.

Hal ini akan semakin parah apabila sebelumnya Ladies sudah memiliki penyakit kulit, seperti eksim atau psoriasis.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya iritasi karena makeup. Tentunya, bukan seberapa mahal makeup yang digunakan, namun Ladies harus mampu mengutamakan kesehatan kulit. Saat terjadi kulit reaktif yang mudah memerah & iritasi di kulit wajah, Ladies bisa menggunakan Cica Res-Q.

Cica Res-Q dengan kandungan Bodyfensine, Seboclear DB, Asiaticaside, Madecassic Acid, dan Asiatic Acid memberikan soothing effect & anti-inflamasi yang dapat memperbaiki area kulit yang mengalami gangguan serta menjaga ECM (Extra Cellulare Matrix) pada lapisan dermis agar tetap baik dan kuat.

Cica Res-Q cream yang tidak lengket di wajah, memberikan rasa cooling down untuk kulit sensitif, berminyak, berjerawat, beruntus, ataupun kulit reaktif yang mudah memerah & iritasi.

Cica Res-Q krem dengan tekstur cream ringan, nyaman dan mudah diratakan.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia |

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp