Berbagai Efek Begadang Bagi Wajah, Termasuk Muncul Kerutan hingga Mata Panda

Bahaya begadang dan kurang tidur ternyata tidak hanya memberi efek pada kesehatan tubuh Anda. Lebih dari itu, ada sejumlah efek begadang bagi wajah yang sebaiknya perlu diwaspadai.

Kebiasaan begadang mengakibatkan tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan regenerasi sel, termasuk sel kulit wajah. Hal ini menyebabkan efek begadang bagi wajah yang buruk, seperti kerusakan sel kulit wajah akibat terpaan sinar matahari atau noda di wajah yang tidak bisa diperbaiki.

Selain itu, efek kurang tidur pada wajah lainnya adalah terganggunya tingkat pH kulit. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya kelembapan dan kilau alami kulit wajah Anda.

Efek begadang bagi wajah yang perlu diwaspadai

National Sleep Foundation merekomendasikan jam tidur yang baik untuk orang dewasa setidaknya 7-9 jam tiap malam. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukannya. Padahal, manfaat tidur yang cukup termasuk sebagai salah satu langkah perawatan kulit wajah yang tak kalah penting.

Akan terasa percuma bila Anda sudah melakukan rutinitas perawatan wajah tiap malam, seperti penggunaan krim malam atau pelembap, tetapi Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Royal Society Open Science, akibat kurang tidur bagi wajah bisa membuat penampilan seseorang terlihat kurang menarik, kurang sehat, dan tampak mengantuk.

Parahnya, kondisi tersebut bisa menyebabkan orang lain kurang tertarik untuk berinteraksi. Nah, berikut adalah berbagai efek begadang bagi wajah selengkapnya.

  • Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam bawah mata dapat muncul ketika kamu gemar begadang atau kurang tidur. Ketika tidak memiliki waktu tidur yang kurang, pembuluh darah di bawah mata akan meregang dan menghitam. Tidak hanya menghitam, pada mata juga terlihat lebih sembab atau bengkak. Sebab, kurang tidur dapat menyebabkan retensi cairan pada jaringan lunak di area mata.

  • Kulit Kusam

Tidak hanya bagian mata saja yang terlihat lebih gelap, tapi kulit wajah juga berubah menjadi kusam ketika kamu kurang tidur. Ketika kurang tidur sistem kekebalan tubuh akan melemah. Tak dimungkiri, kulit jadi rentan mengalami peradangan.

Jika hal ini terjadi, maka produksi kolagen dan asam hialuronat juga ikut berkurang. Asam tersebut punya peran penting bagi tubuh, yakni dapat mempertahankan warna kulit yang cerah.

  • Wajah Tampak Lelah

Kombinasi antara kulit kusam dan mata panda bisa membuat wajah terlihat kelelahan. Wajah yang terlihat lesu dapat membuat kamu jadi tidak percaya diri untuk bersosialisasi karena tampilan yang mungkin dianggap kurang menarik. Bila dibiarkan, maka kesehatan mental pun bisa ikut terpengaruh.

  • Jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan jerawat. Bahkan, orang dengan kualitas tidur lebih buruk cenderung memiliki jerawat yang lebih parah. Tak hanya itu, stres merupakan faktor penyebab timbulnya jerawat. Saat stres, tubuh akan memproduksi kortisol dan protein inflamasi yang memicu jerawat.

Kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar kortisol secara signifikan. Peningkatan kortisol ini dapat berdampak buruk bagi sistem kekebalan tubuhmu sehingga mengakibatkan masalah kulit seperti jerawat rentan terjadi.

  • Penuaan Kulit

Kurang tidur juga bisa memicu munculnya garis halus di wajah. Ketika kurang tidur, maka kulit tidak bisa menahan banyak air alias jadi kering. Kondisi kulit yang kering menjadi tanda bahwa pelindung kulit jadi melemah.

Nah, tidur merupakan salah satu cara untuk membantu tubuh memperbaiki sel-selnya sendiri, termasuk sel kulit. Wanita yang tidur nyenyak memiliki skin barrier atau pelindung kulit yang lebih kuat dibandingkan dengan yang kurang tidur.

Dalam keadaan normal, tubuhmu akan memproduksi kolagen dengan baik. Kolagen ini berfungsi mencegah wajah mengalami penuaan dini dengan mengurangi munculnya kerutan. Hanya saja, ketika kamu kurang tidur, tubuh tidak bisa memproduksi kolagen dengan baik. Dampaknya, risiko penuaan dini pun dapat terjadi.

Cara mengatasi berbagai Efek Begadang pada wajah

Ada kalanya Anda terpaksa begadang karena berbagai urusan penting. Saat Anda harus begadang, berikut adalah beberapa cara mengatasi efek begadang pada wajah yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisirnya.

Double Cleansing

Langkah pertama untuk atasi kulit dehidrasi adalah bersihkan wajah dalam dua step: step pertama dengan first cleanser yang biasanya berbahan dasar minyak (oil based) seperti Cleansing balm Omniskin dan step kedua dengan Cica BHA Amino Acid Foaming Wash

untuk kulit berminyak dan berjerawat atau dengan Watermelon smooth untuk kulit normal. Dengan double cleansing kulit kita akan benar-benar bersih dan sehat.

Memakai toner

Watermelon Plump Infused Toner dengan kandungan SQUALANE & WATERMELON mampu menghidrasi kulit dengan baik. Dengan teksturnya yang ringan, toner ini dapat menyerap dengan mudah dan membantu melembapkan kulit dalam waktu yang lama.

Sangat bagus untuk yang suka sekali makeup, membuat makeup menjadi menempel dan tahan lama. Cocok untuk semua jenis kulit yang membutuhkan kelembaban serta kenyamanan ekstra.

Melembapkan kulit dengan serum

Whitening Serum ringan tanpa minyak dengan ekstrak Semangka yang diperkaya dengan bahan aktif andalan NANOWHITE ™, NIACINAMIDE dan TRANEXAMIC ACID yang membantu mengurangi pigmentasi & noda-noda gelap pada kulit, menghasilkan warna kulit yang lebih rata serta rona wajah yang lebih cerah bercahaya (anti-kusam).

Whitening Serum ini juga mengandung LINOLEIC ACID dan ACQUACELL ™ yang membantu barrier kulit, yaitu lapisan pelindung kulit, menjadi lebih kuat dan sehat sehingga secara efektif dapat menahan kadar air kulit dan mencegah iritasi dan dapat mengatasi kulit dehidrasi.

Rajin menggunakan pelembap

Setelah mengatasi kulit dehidrasi dengan serum Watermelon Glow, untuk menjaga kelembapan gunakan  UV Glog Watermelon Whitening Day Cream krim pagi yang tidak hanya sebagai Daily Moisturizer, bisa juga untuk Sunblock/Sunscreen yang tentunya tidak buat wajah berminyak dan terasa ringan.

Kandungan Bright Oleoactif memberikan juga efek instant brightening & glowing sepanjang hari.

WATERMELON EXTRACT mengandung vitamin C, asam amino dan lycopene (salah satu jenis antioksidan kuat) yang membantu mengurangi efek kerusakan kulit akibat sinar matahari serta efek melembabkan dan membantu regenerasi sel sehingga kulit tidak mudah kusam.

Pada malam hari gunakan Cream malam untuk menutrisi kulit wajah seperti Watermelon Bright Whitening Night Cream yang dapat mengurangi efek kerusakan kulit akibat sinar matahari, memudarkan bekas noda atau fleks hitam membuat kulit nampak cerah.

Imbangi dengan gaya hidup sehat, seperti konsumsi cukup air putih agar kulit terhidrasi dengan baik, makan buah dan sayuran.

Hidung berminyak dapat menjadi penyebab munculnya komedo dan bintik putih pada wajah. Tak jarang, jerawat di hidung diakibatkan produksi minyak berlebihan.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp