Mengenal apa itu SPF pada sunscreen dan fungsinya ?

SPF adalah angka yang menunjukkan seberapa baik tabir surya bekerja dalam melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet B (UVB). Semakin tinggi angka SPF maka perlindungan kulit dari paparan sinar matahari akan semakin baik.

Saat hendak membeli sunscreen atau tabir surya, Ladies apsti akan melihat label SPF yanag tertara pada kemasan. Namun bagi ladies penguna sunscreen, sudah tahukah apa itu SPF dan perbedaan SPF 15, 30 dan 50 pada kemasan tabir surya?

Apa itu SPF?

SPF merupakan kepanjangan dari Sun Protector Factor di mana SPF dirancang untuk memberi tahu Anda sebaik apa produk tersebut melindungi kulit dari paparan sinar matahari. SPF juga merupakan penentu seberapa lama Anda dapat berhadapan dengan sinar matahari tanpa mengalami sunburn. Biasanya, kulit normal manusia bisa bertahan di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit hingga kulit perlu mendapat perlindungan dari produk tabir surya. 

Nah, itu berarti jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit terlindungi sebelum terbakar. Semakin tinggi nilai kandungan SPF-nya, mengindikasikan seberapa kuat perlindungi yang disediakan oleh tabir surya tersebut. Tak sampai di situ, produk sunscreen juga memiliki sebutan UVA dan UVB yang mengindikasikan tipe sinar matahari.

Perbedaan SPF 25, 30 dan 50 dan Apakah semakin tinggi SPF semakin bagus

Setiap sunscreen memiliki kandungan SPF yang berbeda-beda. Beda SPF, misalnya 25, 30, dan 50. Disarankan, sunscreen minimal memiliki SPF 30. Lalu, apa yang membedakannya ? simak penjelasan berikut.

SPF 15 dapat menahan hingga 93% radiasi sinar UVB

SPF 30 dapat menahan hingga 97% radiasi sinar UVB

SPF 50 dapat menahan hingga 98% radiasi sinar UVB

Diantara SPF 15-50, ada juga perbedaan menit dalam memberikan perlindungan bagi kulit. Sama seperti yang telah dijelaskan, bahwa pada kulit normal manusia akan bertahan 10 menit saja di bawah paparan sinar matahari, maka jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit mampu menahan panas matahari tersebut.

Produk yang mengandung SPF 15, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 = 150 menit atau 2,5 jam.

Produk yang mengandung SPF 25, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit.

Produk yang mengandung SPF 30, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam

Produk yang mengandung SPF 50, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.

Melihat perhitungan di atas, Anda dapat memilih kira-kira SPF mana yang cocok untuk melindungi tubuh saat berlibur di pantai atau sekadar berjalan-jalan di mall. Untuk Anda yang berelencana ingin libur ke pantai pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan di atas 5 jam agar kulit senantiasa terlindungi.

Benarkah semakin tinggi angka SPF semakin baik?

Semakin tinggi angka SPF maka perlindungan kulit dari paparan sinar matahari akan semakin baik. Sebab, risiko kulit terbakar dari paparan sinar UVB semakin berkurang.

Meski begitu, penggunaan suncreen dengan SPF tinggi tidak menjamin perlindungan kulit yang optimal saat berktifitas di bawah sinar matahari.

Pasalnya, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi efektivitas penggunaan suncreen. Misalnya :

  • Perubahan suhu atau cuaca. Umumnya, sinar matahari terasa intens pada haru yang cerah tanpa berawan
  • Jenis kulit. Orang dengan kulit lebih terang akan lebih cepat mengalami, sunburn dari pada orang yang berkulit gelap
  • Waktu paparan
  • Cara menggunakan sunscreen
  • Banyaknya sunscreen yang digunakan
  • Faktor lingkungan dan lainnya

Tips melindungi kulit dari paparan sinar UV

Seringnya beraktivitas di luar ruangan berisiko membuat kulit belang hingga terbakar akibat paparan dari sinar matahari. Terlalu sering terkena sinar meningkatkan risiko Anda terhadap kanker kulit. Meskipun berbahaya, bukan berarti Anda harus menghindari matahari sama sekali. Agar tetap aman, berikut cara melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa diikuti.

Selalu Gunakan Sunscreen 

Cara melindungi kulit dari sinar matahari yang pertama adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Produk yang satu ini termasuk skin care wajib yang harus digunakan untuk wajah agar memproteksi wajah dari bahaya sinar matahari. Sunscreen yang sebaik digunakan adalah produk yang memiliki kadar SPF minimal 30.

Penggunaan sunscreen sendiri sebaiknya digunakan antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut sinar UV sangat kuat sehingga diperlukan perawatan ekstra. Oleskan sunscreen 20 menit sebelum melakukan aktivitas di luar. Hal ini dikarenakan sunscreen memerlukan waktu untuk terserap oleh kulit. Perlu juga untuk mengoleskan sunscreen kembali setiap 80 menit sekali, khususnya bila wajah berkeringat atau berenang.

PAKAI SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SPF

Selain menggunakan sun protection, Anda juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari menyengat adalah memilih rangkaian skin care seperti bBB cream, foundationpelembap, primer, sunscreen yang memiliki kandungan SPF. Namun, sebaiknya tetap menggunakan sun protection terpisah untuk perlindungan yang optimal.

MENGHINDARI PANTULAN SINAR MATAHARI

Cara melindungi kulit dari sinar matahari yang perlu dilakukan juga adalah dengan menghindari pantulan sinar matahari. Memang, pantulan sinar matahari dari benda tertentu seperti kaca atau benda-benda yang bisa memantulkan cahaya lainnya tidak sekuat sinar matahari langsung. Efektivitas pantulan sinar matahari hanya 85% saja, tapi tetap saja berbahaya bagi kulit. Perlu diketahui, bukan hanya kaca yang bisa memantulkan sinar matahari, air dan pasir juga ternyata bisa memantulkan sinar matahari.

SELALU BAWA KACAMATA HITAM

Menggunakan kacamata hitam dengan frame bisa membantu melindungi setengah wajah Anda dari paparan sinar matahari. Pilih lensa kacamata yang memiliki lapisan UV filter agar mata Anda juga terlindungi.

PAKAI TOPI

Bila beraktivitas di bawah sinar matahari, sebaiknya gunakan topi yang lebar sehingga mampu menutupi kepala dan melindungi wajah Anda. Bukan hanya itu, topi juga dapat melindungi kulit kepala Anda dari paparan sinar matahari sehingga dapat mencegahnya dari munculnya minyak.

Yuk, cari tahu lebih dalam solusi permasalahan kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp