9 Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Punya kulit mulus pasti menjadi dambaan banyak orang, termasuk kamu. Sayangnya, beberapa orang memiliki kulit wajah yang berjerawat atau berpori-pori besar.

Kamu memang bisa mengakalinya dengan menggunakan riasan. Akan tetapi, cara ini tidak begitu efektif karena penggunaan riasan pada beberapa orang bisa memperburuk kondisi kulitnya yang berjerawat.

Untuk itulah, pilihan skincare perlu diperhatikan. Disampaikan oleh dr. Gia Pratama, “Tidak ada satu skincare spesial ajaib khusus untuk itu, tetapi ada beberapa bahan aktif dan hal yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah.”

Berikut berbagai bahan aktif dalam kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori wajah:

1. Bakuchiol

Bakuchiol adalah kandungan fenol yang bisa Anda temukan dari biji dan daun tumbuhan Psoralea corylifolia. Sebelum tenar sebagai kandungan pada produk skincare, senyawa ini merupakan bahan pengobatan alternatif Ayurveda di India ataupun Cina kuno.

Meski merupakan senyawa kimia yang berbeda, ternyata cara kerja bakuchiol menyerupai retinol, terutama dalam melawan tanda-tanda penuaan. Berbeda dengan retinol, penggunaan bakuchiol tidak menimbulkan kulit kering, mengelupas, kemerahan, dan sensasi terbakar.

2. Niacinamide

Niacinamide yang merupakan turunan dari vitamin B3 yang mudah ditemukan pada produk toner dan serum. Niacinamide berfungsi untuk membantu mengecilkan pori-pori di wajah, mencerahkan wajah, menghilangkan kerutan di wajah, mengontrol produksi minyak di wajah, meningkatkan kelembapan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Kalau produksi minyak di kulit lebih terkontrol, maka pori-pori tidak akan mudah tersumbat minyak, terbebas dari komedo hitam maupun komedo putih, hingga mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah.

3. Mandelic Acid

Mandelic acid adalah salah satu jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang belum banyak diketahui orang. Padahal, kandungan zat yang satu ini cocok digunakan untuk orang dengan kulit sensitif.

Mandelic acid atau asam mandelat terbuat dari bitter almond atau almond pahit. Karena termasuk ke dalam golongan AHA, asam mandelat juga memberikan manfaat mulai dari pengelupasan, meningkatkan hidrasi, dan mengencangkan kulit.

4. Water-Based / Aqua

Mengingat salah satu pemicu pori-pori wajah adalah produksi sebum yang berlebih, maka ada baiknya Ladies memilih produk perawatan wajah yang berbasis air. Ladies bisa cari tahu lewat daaftar bahan baku atau ingredients-nya, di mana water-based product biasanya diawali dengan komposisi water atau aqua. Teksturnya pun biasanya lebih cair atau berbentuk gel.

5. Clay (Tanah Liat)

Kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori selanjutnya dengan bahan Clay atau Tanah Liat. Produk berbahan clay biasanya bisa Ladies temukan pada masker dan pembersih wajah.

Clay memiliki fungsi untuk menyerap produksi minyak berlebih serta kotoran pada kulit. Sehingga, pori-pori pun menjadi lebih kecil.

Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya memilih produk dengan kaolin clay karena daya serap minyaknya yang masih bersahabat dengan kulit kering. Sedangkan pemilik kulit berminyak bisa menggunakan produk dengan bentonite clay yang bisa menyerap minyak dengan lebih baik.

6. Azelaic Acid

Bahan aktif pada skincare ini bertugas sebagai antioksidan sekaligus antibakteri. Skincare yang mengandung azelaic acid ini cocok untuk kamu yang punya pori-pori wajah yang besar. Bahan aktif ini mampu mengecilkan- serta mencegah penyumbatan di pori-pori.

7. Hyaluronic Acid

Memiliki manfaat yang sudah sangat terkenal, yakni mampu menjaga kelembapan kulit. Hyaluronic acid juga mampu menjaga pori-pori agar selalu tampak lebih kecil.

8. Tea Tree Oil

Walaupun pori-pori besar sering dipicu oleh produksi minyak berlebih, bukan berarti kamu perlu menghindari semua produk face oil. Jika digunakan dalam dosis yang tepat, ternyata face oil ini bisa berperan untuk menjaga kelembaban kulit sehingga pori-pori pun menjadi lebih kecil.

Salah satunya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Produk ini memiliki tekstur yang cukup cair sehingga potensi menyumbat pori-pori pun menjadi cukup rendah. Selain itu tea tree oil juga bisa membantu potensi timbulnya jerawat di wajahmu.

9. Charcoal

Charcoal terkenal akan kemampuannya mengikat dan menarik debu, sisa riasan hingga minyak di permukaan kulit. Hal ini dikarenakan charcoal atau arang memiliki zat kimia aktif yang memiliki daya absorpsi yang tinggi. Kemampuan itulah yang membuat charcoal mampu membantu mengendalikan pori-pori besar. Selain itu, charcoal juga bisa mensterilkan luka serta membunuh kuman.

Nah, ada banyak pilihan skincare untuk mengecilkan pori-pori di wajah, 4 kandungan bahan aktif di atas seperti Bakuchiol, Niacinamide, Mandelic Acid dan Aqua ada pada Cica Bakuchiol. Cica Bakuchiol membantu mencerahkan, mengatasi masalah acne, mengurangi penyumbatan pori-pori kulit sekaligus sebagai exfoliating yang lembut dan ringan di wajah.

Yuk, cari tahu lebih dalam solusi permasalahan kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp