5 Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari Kulit Berjerawat

Dalam memilih produk skincare, kita kerap abai membaca kandungan atau formula di dalamnya. Padahal, kandungan skincare sangat berpengaruh penting terhadap perawatan kulit yang dijalani. Pasalnya, salah memilih kandungan skincare dapat merusak kulit.

Untuk kulit jerawat, misalnya, ada beberapa kandungan skincare yang perlu dihindari lantaran bersifat comedogenik. Bahan tersebut cenderung menyumbat dan menyebabkan komedo hingga ujung-ujungnya menimbulkan jerawat. Nah, berikut ini kandungan skincare yang harus dihindari kulit jerawat dikutip dari Byrdie

1. Minyak esensial

Kini banyak perawatan kulit alami menambahkan essential oil degan jumalah yang besar. Padahal, minyak ini dapat mengiritasi kulitmu.

Menurut Zeichner, minyak esensial adalah senyawa yang sangat pekat yang dapat menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit (itulah sebabnya disarankan untuk mengencerkannya dalam minyak pembawa sebelum aplikasi).

Mereka yang memiliki kulit berjerawat sebaiknya menghindari minyak yang lebih berat yang mengandung lemak jenuh tingkat tinggi.

2. Sodium Lauryl Sulfate

Sodium Lauryl Sulfate (SLS), meskipun efektif dalam menciptakan busa dari pembersih wajahmu, namun SLS dapat menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sensitif.

SLS adalah surfaktan bahan kimia yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit, dan menurut Zeichner, itu diketahui menyebabkan iritasi dan peradangan yang signifikan. Serta menyebabkan gangguan

3. Isopropyl Myristate

Walaupun bahan ini biasanya yang bisa membuat suatu produk meresap sempurna ke dalam kulit, tapi justru ini bisa menimbulkan masalah pada kulit kita.

Produk dengan kandungan ini memang enggak membuat jerawat semakin parah, tapi bakalan membuat pori-pori kulit kita tersumbat parah!

4. Coconut Oil 

Banyak orang menggunakan coconut oil sebagai penghilang make up, pembersih atau pelembab. Namun penggunaan coconut oil pada kulit yang berminyak akan membuat wajah memproduksi sebum. Selain itu, jika coconut oil mengenai kulit yang berjerawat, akan mengakibatkan pori-pori tersumbat dan dampak lain yang bahkan lebih buruk.

5. Alkohol

Kandungan skincare seperti alkohol seperti toner dan pembersih sebaiknya dihindari. Alkohol dapat membuat kulit kering dan iritasi serta merangsang kelenjar minyak untuk mengeluarkan lebih banyak minyak atau sebum, untuk melembabkan kulit. Sebum yang terjebak di kelenjar justru membuat bakteri berkembang.

Ladies, semua produk Omniskin aman digunakan dari usia 12 tahun, ibu hamil dan sudah terverifikasi oleh BPOM. Acne series dari Omniskin memiliki beberapa kandungan skincare Centella Asiatica, Niacinamide dll yang efektif mengurangi jerawat tanpa membuat kulit terkelupas dan membuat kulit lebih cerah, serta tidak menimbulkan efek ketergantungan.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp