5 Kosmetik yang perlu dihindari untuk wajah berjerawat

Wajah cantik dan tidak berjerawat tentunya menjadi dambaan setiap perempuan. Nah, kamu harus menghindari beberapa kosmetik ini untuk wajah berjerawat.

Wajah cantik dan tidak berjerawat adalah dambaan setiap perempuan karena tidak sedikit pula wanita yang menutupi jerawat dengan makeup untuk memberi kesan yang flawless. Namun, pemakaian makeup yang terlalu sering menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Nah, ini beberapa kosmetik yang perlu kamu hindari untuk wajah berjerawat.

1. Foundation Dewy Finished

Saat kulit berjerawat, kamu perlu memilih foundation yang tepat. Foundation yang dewy finished sebaiknya digunakan untuk kulit kering, bukan kulit berminyak yang dimiliki oleh kebanyakan orang yang berjerawat. Kalau kamu ingin menggunakan foundation dengan hasil dewy, sebaiknya kamu rajin memperbaiki riasan agar wajah tidak terlihat berminyak.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan liquid foundation untuk merias wajahmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan CC Cream jika menginginkan alas wajah yang lebih ringan dan praktis. CC Cream ini dapat menjadi base makeup yang ringan dan praktis. Selain itu, produk ini mampu menutupi kekurangan pada wajah dan mengandung SPF untuk melindungi wajah dari bahaya sinar matahari.

2. Bedak Padat

Menggunakan bedak padat saat kulit sedang berjerawat sangat tidak disarankan. Bedak padat membuat makeup menjadi terlalu berat, dan kulit yang berjerawat bisa pecah atau cracking. Pori-pori akan tersumbat dan sulit dibersihkan. Tentunya, hal ini akan membuat jerawat akan muncul semakin banyak. Jadi, hindari bedak padat saat kulitmu sedang berjerawat.

Jadi, ketika kamu menggunakan makeup sebaiknya pilih bedak yang berjenis bedak tabur agar terasa ringan di kulit dan memberi ruang untuk kulit bernafas. Selain itu, penampilanmu akan terlihat lebih natural dan tidak berat seperti memakai topeng.

3. Kosmetik Mengandung Alkohol

Makeup yang mengandung alkohol bisa memicu dan memperparah jerawat. Selain itu, kulit akan menjadi berminyak jika menggunakan kosmetik dengan kandungan alkohol.

Pada beberapa produk kosmetik, alkohol berperan untuk menghilangkan minyak pada wajah. Namun, alkohol memliki efek samping yang menyebabkan kulit menjadi kering. Nah, alkohol ini bisa menghilangkan sebum alami pada kulit. Hal ini akan membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak untuk menghidrasi kulit dan wajah akan semakin berminyak setelah menggunakan produk beralkohol ini.

4. Pigmen Merah dalam Kosmetik

Pigmen berwarna merah yang terdapat pada lip tint yang sering digunakan sebagai blush on di pipi ternyata menyebabkan jerawat. Kalau kamu memiliki kulit yang berjerawat, sebaiknya hindari pemakaian lip tint sebagai blush on. Karena lip tint mengandung pigmen merah dengan kandungan coal tar. Zat coal tar ini bersifat comedogenic yang memicu timbulnya komedo serta jerawat. Sebaiknya hindari penggunaan lip tint sebagai blush on untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Kosmetik Mengandung Minyak

Saat kulit sedang berjerawat, kamu harus menghindari produk oil based seperti beberapa kosmetik berbahan cocoa butter dan mineral oil. Efek yang timbul setelah menggunakan produk tersebut adalah wajah akan

semakin berminyak dan bakteri mudah menempel di kulit sehingga menyebabkan jerawat baru muncul. Produk-produk tersebut hanya akan menambah minyak di wajah dan memicu lebih banyak jerawat.

Nah, beberapa kosmetik di atas bisa kamu hindari agar jerawat di wajahmu tidak semakin parah. Namun, kamu harus selalu ingat untuk membersihkan wajah dengan teknik double cleansing . Awali dengan membersihkan wajah dengan cleansing balm dan dilanjutkan dengan facial cleanser. Terjaganya kebersihan kulit wajah bisa menjadi cara untuk mengurangi munculnya jerawat.

Jika jerawat terlanjur muncul atau lagi PMS, ladies gak perlu bingung. Ladies bisa menggunakan obat totol jerawat Volcanic Ash Pimple Drying Lotion. produk yang memberikan solusi membersihkan semua tipe jerawat. Kandungan Volcanic Ash yang kaya akan mineral dapat membantu memulihkan kulit berjerawat tanpa membuat kulit mengelupas, mendetoksifikasi kulit, dan menghilangkan segala kotoran.

Atau Ladies bisa menggunakan Cica Series juga dapat sebagai P3K ( Pertolongan Pertama pada Kebruntusan) pada kulit wajah yang mengalami masalah akibat terlalu sering ganti-ganti produk skincare, dan kulit sangat sensitive juga sering iritasi ringan.

Yuk, cari tahu lebih dalam solusi permasalahan kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp