Yuk, Kenalan dengan 8 kandungan Skincare untuk Mencerahkan Kulit

Sering kali, dalam skincare terdapat bahan aktif yang dikhususkan untuk menyelesaikan masalah kulit tertentu. Mengacu pada bahan kimia yang secara aktif bekerja untuk target permasalahan tertentu, termasuk mencerahkan.

Bagi Ladies yang memiliki kulit kusam, bekas luka, atau hiperpigmentasi, menggunakan bahan aktif yang bersifat untuk mencerahkan kulit dapat sangat membantu permasalahan tersebut. Ladies dapat menemukan kandungan skincare untuk mencerahkan kulit dalam bentuk apa saja, bisa berupa serum, toner, hingga facewash.

Banyak wanita yang tentunya ingin memiliki kulit sehat dan cerah. Ladies bisa memilih produk kandungan skincare untuk mencerahkan kulit berikut ini.

Foto : kandungan alpha arbutin skincare untuk mencerahkan kulit (freepik.com)

Alpha Arbutin

Alpha arbutin adalah bahan aktif yang berasal dari tanaman bearberry, marjoram, cranberry dan digunakan dalam skincare untuk mencerahkan kulit. Alpha arbutin menghambat aktivitas tirosinase, mengurangi pembentukan melanin, dan membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Kadar alpha arbutin dalam produk skincare biasanya tidak lebih dari 2%, karena konsentrasi yang lebih tinggi dapat menyebabkan iritasi. BPOM mengatur bahwa produk yang mengandung alpha arbutin harus memenuhi persyaratan keamanan dan efektivitas sebelum diizinkan untuk dijual di Indonesia.

Alpha arbutin aman digunakan dua kali sehari dan cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Foto : kandungan niacinamide skincare untuk mencerahkan kulit (freepik.com)

Niacinamide

Niacinamide, atau vitamin B3, adalah bahan aktif yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit, termasuk mencerahkan kulit. Niacinamide bekerja dengan mengurangi transfer melanin ke lapisan epidermis, sehingga membantu memudarkan noda hitam dan hiperpigmentasi.

Kandungan niacinamide dalam produk skincare biasanya berkisar antara 2% hingga 5%, yang telah terbukti efektif tanpa menyebabkan iritasi. BPOM mengatur bahwa produk yang mengandung niacinamide harus terdaftar dan mendapatkan notifikasi sebelum beredar di pasaran.

Niacinamide dapat digunakan baik di pagi maupun malam hari dan memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya cocok untuk kulit berjerawat.

Foto : kandungan vitamin c skincare untuk mencerahkan kulit (freepik.com)

Vitamin C

Vitamin C, atau asam askorbat, merupakan salah satu bahan aktif yang populer dalam produk skincare karena kemampuannya yang efektif dalam mencerahkan kulit. Vitamin C bekerja dengan cara menghambat enzim tirosinase yang berperan dalam proses sintesis melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Dengan mengurangi produksi melanin, vitamin C dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam, serta meratakan warna kulit.

Kadar vitamin C dalam produk skincare biasanya berkisar antara 2% hingga 20%, tergantung pada formulasi dan tujuan penggunaan. Menurut BPOM, produk yang mengandung vitamin C harus memenuhi standar keamanan dan efektivitas sebelum dapat diedarkan di Indonesia.

Penggunaan vitamin C disarankan pada pagi atau siang hari karena sifatnya sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi.

Foto : kandungan chromabright skincare untuk mencerahkan kulit (freepik.com)

Chromabright

Chromabright adalah salah satu kandungan pencerah kulit wajah dalam skincare yang juga cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah pigmentasi. Seperti kulit yang kusam, warna tidak merata, hingga bintik-bintik hitam penuaan atau bekas jerawat membandel.

Kandungan ini secara khusus bekerja menghambat produksi melanin yang terlalu berlebihan, sehingga bisa membantu meningkatkan kecerahan kulit dengan lebih efektif dan cepat.

Tak hanya itu, chromabright pun bisa disejajarkan dengan hydroquinone. Meski begitu, kandungan ini telah teruji jauh lebih aman dan ramah ketika diaplikasikan ke wajah.

Foto : kandungan tranexamic acid skincare untuk mencerahkan kulit (freepik.com)

Tranexamic Acid

Tranexamic Acid, dikenal juga dengan asam traneksamat merupakan senyawa yang seringkali digunakan dalam dunia medis untuk menghentikan pendarahan pada operasi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan ini juga memiliki manfaat dalam mencerahkan kulit.

Sifat asam yang dimiliki Tranexamic Acid mampu mencerahkan wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk secara lembut. Pada prosesnya, Tranexamic Acid yang terkandung dalam skincare mampu menahan perpindahan pigmen melanosit, sel penghasil melanin yang memberi warna pada kulit, yang berkelebihan ke sel keratinosit (sel induk) pada lapisan terluar kulit sehingga kulit tampak cerah.

Foto : kandungan nanowhite skincare untuk mencerahkan kulit (freepik.com)

NanoWhite
NanoWhite adalah kombinasi sediaan liposom bahan pencerah yang kuat dan anti oksidan untuk efek pencerahan yang kuat. Dengan bertambahnya usia, stres dan polusi, pigmentasi kulit dapat menyebabkan bintik-bintik penuaan dan kulit yang tidak rata.

NanoWhite menghambat aktivitas tirosinase dan aktivasi enzim ini. NanoWhite adalah bahan whitening serum yang aman namun kuat, ideal untuk mengurangi dan mencegah gangguan pigmentasi.

Foto : kandungan hyaluronic acid skincare untuk mencerahkan kulit (freepik.com)

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid (HA) adalah molekul yang secara alami terdapat dalam tubuh dan memiliki kemampuan untuk menarik dan menahan air, sehingga sangat efektif dalam melembapkan kulit. Meskipun bukan bahan pencerah secara langsung, kelembaban yang disediakan oleh HA dapat meningkatkan penampilan kulit yang lebih cerah dan sehat. Produk skincare yang mengandung HA biasanya digunakan sebagai serum atau pelembab dengan konsentrasi yang bervariasi.

BPOM mengatur bahwa produk yang mengandung HA harus terdaftar dan memenuhi standar keamanan sebelum dijual di Indonesia. HA dapat digunakan bersamaan dengan bahan aktif lain seperti retinol dan vitamin C untuk meningkatkan efektivitas dan toleransi kulit terhadap produk

Foto : kandungan licorice skincare untuk mencerahkan kulit (freepik.com)

Licorice Extract

Ekstrak licorice mengandung glabridin dan liquiritin, yang keduanya memiliki sifat pencerah kulit. Glabridin membantu menghambat tirosinase, sedangkan liquiritin membantu mendispersikan melanin yang ada di kulit.

Produk skincare yang mengandung ekstrak licorice biasanya memiliki konsentrasi yang bervariasi dan sering digunakan dalam kombinasi dengan bahan aktif lain untuk meningkatkan efektivitas pencerahan kulit.

BPOM mengawasi produk yang mengandung ekstrak licorice untuk memastikan keamanan bagi konsumen. Licorice extract umumnya dianggap aman untuk digunakan setiap hari dan cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif.

Nah, setelah mengetahui kandungan skincare untuk mencerahkan kulit di atas, merawat kulit yang kusam dan susah cerah sudah nggak lagi jadi hal yang sulit, ‘kan? selalu ingat untuk konsisten dalam menggunakan produk skincare untuk mencerahkan kulit di atas, ya!

Tanya Jawab Terkait skincare untuk Mencerahkan Kulit

Pertanyaan 1 : Berapa lama kulit wajah yang belang, kusam dan ingin lebih cerah menjadi putih dengan sendirinya ?

Jawaban : Kulit belang dapat kembali normal dengan sendirinya dalam waktu enam hingga 12 bulan. Meskipun begitu, terdapat beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit belang. Untuk kulit belang, kusam atau ingin lebih cerah, Ladies bisa menggunakan skincare seperti dibawah ini.

Pertanyaan 2 : Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami ?

Jawaban : Memutihkan kulit secara alami dengan lulur bengkoang, rajin minum jus tomat dan lemon bahkan disebut bisa membuat kulit lebih putih dan cerah dengan cepat hanya dalam hitungan minggu.

Pertanyaan 3 : Apa benar beras bisa memutihkan kulit ?

Jawaban : Benar sekali, asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. 

Yuk, Cari tahu kebutuhan skincare untuk kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp

Refrensi :

klikdokter.com Zat Pencerah yang Aman dalam Skincare